PROPOSAL KERJA PROYEK
Prodk Kreatif Kewirausahaan
Smarthome And Voice Command
KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN
SMK PELITA 2 CIAMPEA
YAYASAN NURUL WALIDAIN T.H
JL.Raya Warung Borong Telp. (0251) 8627289
Email : smkpelita.ciampea@gmail.com
www.smkpelita2ciampea.sch.id
Bogor 16620
i | Produk Kreatif dan Kewirausahaan
LEMBAR PENGESAHAN
Nama Sekolah : SMK Pelita 2 Ciampea
Program Keahlian :
Teknik Komputer dan Jaringan
Nama Siswa : Muhammad aldi,
Muhammad arman maulana,
Fazriel rubiah fiqih,
Syahrul ghufron ,
Judul kerja proyek : Smarthome
with voice command
Proposal
ini disahkan pada :
Hari :
Tanggal :
Oleh :
Kepala
Komptensi Keahlian Teknologi
Informasi Dan Komunikasi |
Guru
Pebimbing |
Nugraha.S.Kom |
Atep |
Kata Pengantar
Puji
syukur penulis panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan
rahmat serta hidayah-Nya, sehingga penulis dapat menyusun proposal kerja proyek
ini dengan baik.
Proposal
ini disusun sebagai salah satu tugas akhir siswa pada program keahlian Teknik
Komputer dan Jaringan tahun 2019/2020. Bahan-bahan dalam laporan ini di susun
berdasarkan praktik pada mata pelajaran dan penelitian selama pembelajaran.
Pada
kesempatan ini penulis menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya
kepada :
1. ALLAH SWT.
2. Kepala komptensi keahlian
3. Guru pembimbing
4. Dll
Penulis
menyadari bahwa laporan ini masih jauh untuk dikatakan sempurna. Oleh karna
itu, penulis sangat mengharapkan kritik dan saran yang akan membantu penulis
dari pembaca. Semoga laporan ini biar bermanfaat kepada pembaca maupun
masyarakat.
Bogor, Agustus 2019
Penyusun
Daftar Isi
Halaman Judul.........................................................................................................
Halaman Pengesahan.............................................................................................
Kata Pengantar........................................................................................................
BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang......................................................................................
1.2 Batasan Masalah...................................................................................
BAB II
2.1 Waktu dan Tempat Pelaksanaan...........................................................
2.2 Alat dan Bahan...........................................................................
2.3 Anggaran .....................................................................................
BAB III
3.1 Rancangan Gambar/alat........................................................................
3.2 Flowchart..............................................................................................
3.3 Alur Pembuatan + Coding & Gambar..................................................
BAB IV PENUTUP
4.1 Penutup.................................................................................................
4.2 Daftar Pustaka......................................................................................
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sedemikian pesat telah
membawa dampak yang cukup besar terhadap kehidupam manusia untuk mempelajari
dan mengembangkan ilmu pengetahuannya. Dalam teknologi elektronika dan
komputer, efektifitas dan efisiensi selalu menjadi acuan agar setiap langkah
dalam penggunaan dan pemanfaatan teknologi diharapkan dapat mencapai hasil yang
optimal baik dalam kualitas maupun kuantitasnya. Agar dapat mewujudkan hal
tersebut, maka diperlukan sebuah alat, komponen atau sistem yang dapat
memproses suatu pekerjaan dengan cepat dan akurat. Seiring dengan majunya pola
fikir dari sumber daya manusia sehingga benar-benar dapat mengeluarkan ide dan
pikiran kreatifnya untuk menciptakan berbagai macam perangkat kebutuhan manusia
yang bertujuan untuk memudahkan kehidupan manusia.
Seiring dengan meningkatnya kebutuhan
masyarakat di berbagai bidang medorong kebutuhan suatu sistem yang mempermudah
dan meningkatkan efektifitas dalam berbagai pekerjaan. Dengan teknologi di
bidang elektronika dan komputer yang telah berkembang, maka banyak hal yang
dapat dilakukan dengan cepat dan tepat untuk memenuhi kebutuhan manusia. Salah
satu penggunaannya yang tak kalah penting adalah penerapan system “Smarthome
Microkontroler” yang mampu memberikan dampak positif dalam berbagai perangkat listrik
dan elektronik di masyarakat maupun di bidang yang lain. Beberapa pekerjaan
yang dahulu dilakukan secara manual dengan banyak campur tangan tenaga manusia
dan pada umumnya memakan waktu yang relatif lama, sekarang sudah banyak
diakuisisi oleh sistem kontrol berbasis elektronik tersebut. Kami membuat Smart
Home yang berbasis Voice command. Rancangan Smart Home kami terdiri dari
DoorLock, Pir sensor dan Voice command. Mengembangkan teknologi, agar lebih
mudah dan rumah menjadi lebih aman.
BAB II
2.1 Waktu dan Tempat Pelaksanaan
Dalam penyusunan laporan proposal
kerja proyek yang akan dilaksanakan pada :
Waktu |
Pelaksanaan |
Minggu Ke
2 Agustus |
Penyusunan Laporan Proposal |
Minggu Ke
2 September |
Pengumpulan Alat Dan Bahan |
Minggu Ke
4 September |
Perakitan Prototype |
Minggu Ke
4 November |
Perakitan Prototype |
Minggu Ke
2 Desember |
Penyusunan Laporan Akhir |
2.2 Alat dan Bahan
HARDWARE[1] |
SOFTWARE |
Wemos D1 |
IFTTT app |
Kabel Jumper |
Blynk app |
Relay 2 Channel |
Ardunio IDE |
Solenoid Door Lock |
Fritzing |
Pir Sensor |
Google Assistant |
Piezzo Speaker |
Smartphone Android |
Lampu |
Pc Windows / Linux |
Batre |
|
Lem Tembak |
|
Stick Kayu |
|
Cat Kayu & Thinner |
|
Kuas |
|
Papan Triplek |
|
Paku |
|
Dudukan lampu |
|
Colokan steker |
|
2.3 Anggaran
Alat&bahan |
Harga |
Wemos D1 |
Rp. 60.000 |
Relay |
Rp. 15.000 |
Kabel jumper |
Rp. 10.000 |
Solenoid door lock |
Rp. 60.000 |
Pir sensor |
Rp. 15.000 |
Piezzo |
Rp. 6.000 |
Lampu |
Rp. 20.000 |
Dudukan lampu |
Rp. 5.000 |
Colokan steker |
A. Pustaka
1.Wemos D1
Board ini adalah board wifi kecil berbasis
ESP8266. ESP8266 dikenal sebagai modul WiFi yang handal, ekonomis dan komunitas
yang besar. ESP8266 inilah yang akan menghubungkan perangkat kita dengan
internet via WiFi. Ada banyak varian prototype board berbasis ESP8266, seperti
NodeMCU, Adafruit HUZZAH ESP8266, ESPDuino, SparkFun ESP8266 Thing, dan Wemos.
Kita sebenarnya bisa langsung memprogram ESP8266 langsung tanpa menggunakan
yang breakout board. Tapi kali ini saya menggunakan Wemos D1 karena board ini
adalah yang paling murah dan mudah didapatkan dibanding board sejenisnya.
Selain itu board ini sudah dilengkapi dengan onboard microUSB dan Serial driver
sehingga tidak perlu lagi USB to TTL atau FTDI adapter.
2. Kabel Jumper
Kabel jumper adalah kabel elektrik untuk menghubungkan
antar komponen di breadboard tanpa memerlukan solder. Kabel jumper umumnya
memiliki connector atau pin di masing-masing ujungnya. Connector untuk
menusuk disebut male connector, dan connector untuk
ditusuk disebut female connector
3.Relay
breadboard
tanpa memerlukan solder. Kabel jumper umumnya memiliki connector atau pin di
masing-masing ujungnya. Connector untuk menusuk disebut male connector, dan
connector untuk ditusuk disebut female connector.
Modul ini berfungsi sebagai sakelar digital untuk
lampu yang on-offnya akan kita kendalikan menggunakan ESP8266 board.
4.Solenoid Door Lock
Alat ini yang akan kita buat untuk action
Mengunci Pintu Automatis
5.pir sensor/pendeteksi sensor gerak.
PIR (Passive infRared) sensor,
adalah sensor yang mengukur radiasi infra merah dari suatu obyek. Seperti yang
terlihat dari namanya, PIR diketahui bekerja secara pasif, artinya hanya
menerima radiasi saja dan tidak memancarkan radiasi. PIR memberikan sinyal saat
ada perubahan dari tingkat radiasi infra merah, karenanya PIR dipakai sebagai
sensor gerakan.
6.Piezzo Speaker
Alat ini akan kita gunakan sebagai
output ketika sensor pir / sensor gerak menyala,maka alat ini akan bersuara.
7. Set lampu
Rangkaian lampu
lengkap dengan dudukan lampu, kabel dan stekernya.
Selain
perangkat-perangkat di atas, Kamu akan memerlukan Wifi Access Point yang
terhubung ke internet. Access Point ini yang nantinya akan digunakan oleh
ESP8266 untuk terkoneksi ke internet. Kamu bisa menggunakan jaringan Wifi rumah
kalo punya, sekolah, kantor atau melalui tethering hotspot dari smartphone atau
wireless router. Selain itu, Kamu juga bakal memerlukan beberapa alat seperti
obeng dan gunting.
B. Software
1.Blynk
BLYNK adalah platform untuk aplikasi OS
Mobile (iOS dan Android) yang bertujuan untuk kendali module Arduino, Raspberry
Pi, ESP8266,Wemos,dll.
2.IFTTT
IFTTT merupakan aplikasi otomatisasi pekerjaan
digital di smartphone kita dengan dasar logika IF This (jika begini) yang
menjadi sebuah trigger atau keadaan tertentu yang kita setting sendiri, Then
That (maka begitu) atau keadaan yang akan dihasilkan dari trigger tersebut.
Logika otomatis tersebut dinamakan Applet yang
bisa kita pilih bahkan kita buat sendiri di smartphone milik kita. IFTTT
terbukti bisa sangat membantu hidup kita yang berhubungan dengan smartphone
jika kita tau cara mengunakannya.
3.Arduino IDE
Arduino IDE (Integrated Development
Environment) adalah software yang di gunakan untuk memprogram di arduino,
dengan kata lain Arduino IDE sebagai media untuk memprogram board Arduino.
Arduino IDE bisa di download secara gratis di website resmi Arduino IDE.
Arduino IDE ini berguna sebagai text
editor untuk membuat, mengedit, dan juga mevalidasi kode program.
bisa juga digunakan untuk meng-upload ke board Arduino. Kode program yang digunakan pada Arduino
disebut dengan istilah Arduino “sketch”
atau disebut juga source code arduino, dengan ekstensi file source code
.ino
4.Fritzing
Fritzing adalah software gratis yang
digunakan oleh desainer, seniman, dan para penghoby elektronika untuk
perancangan berbagai peralatan elektronika.
Biasanya sebelum menggunakan program fritzing
mereka akan membuat sebuah prototype dengan menggunakan komponen elektronika
yang sebenarnya.
5.Google Assistant
Google Assistant adalah asisten virtual yang
didukung oleh kecerdasan buatan dan
dikembangkan oleh Google yang terutama tersedia di perangkat seluler dan
perangkat rumah pintar. Alat ini lah yang akan kita gunakan untuk memproses
Voice Command
BAB III
3.1 Rancangan Gambar/Alat
Proses Produksi
1. Siapkan alat dan bahan
2. Hubungkan Alat tersebut
dengan kabel jumper :
Untuk
Rangkaian Lampu.
·
Pin D1 Wemos => IN1
Relay(1)
·
Pin 5V Wemos => VCC
Relay(1)
·
Pin G Wemos => GND
Relay(1)
·
Pin NO Relay(1) = >
Kutub (+) Lampu
·
Pin COM atau C Relay(1)
=> Kutub (+) Colokan Lampu
·
Kutub (-) Lampu =>
Kutub (-) Colokan Lampu
Untuk
Rangkaian Doorlock
·
Pin D2 Wemos => IN1
Relay(2)
·
Pin 5V Wemos => VCC
Relay(2)
·
Pin G Wemos => GND
Relay(2)
Download applikasi Blynk
terlebih dahulu pada android. Lalu Install seperti biasa dan Create New Account apabila belum pernah
menggunakan sebelumnya,Jika sudah pernah silahkan Log In atau bisa dengan Log
In with Facebook.Setelah berhasil login, Lalu Klik New Project untuk membuat project baru.Lalu Masukan Nama Project dengan nama SMARTHOME,Device nya WEMOS
D1,dan Theme nya Dark.dan klik Create
Setelah itu kita akan mendapat kode
Authentikasi dari blynk melalui email.dan kita akan menggunakan kode itu untuk
ngoding nanti.lalu klik saja OK.
Setelah itu, kita akan diberi satu halaman dashboard untuk membuat project yang
kita inginkan,kita bisa menambahkan tombol button,slider,timer,joystick dan
yang lainnya. Pada kasus ini kita akan menggunakan dua button,yang pertama
adalah button Lampu,dan kedua adalah button Doorlock. Button ini
adalah tombol yang hanya mempunyai 2 mode yang saling bertukar, mode ON dan
mode OFF.Ketika kita klik button maka lampu akan hidup,ketika kita klik button
lagi maka lampu akan mati.Begitupun seterusnya. Sedikit informasi bahwa setiap
project mempunyai kode authentikasi yang berbeda. Karena itu pastikan kode
autentikasi yang akan kita coding nanti tidak salah.
Untuk membuat Button, Klik Tombol + (Tambah) dan pilih Button. lalu Button yang di pilih tadi
akan muncul di Dashboard project kita.
.
Klik
Button yang tadi kita pilih.Kita akan sedikit konfigurasi pada bagian button
tersebut.Pada Bagian nama isikan Lampu,lalu
ubahlah mode nya menjadi Switch. Lalu
isikan Pin menjadi D1,agar ketika
tombol button ini dalam mode ON,maka
aplikasi ini akan menginput ke wemos dengan mendefinisikan D1 = 1.dan
sebaliknya,jika button ini dalam mode OFF
maka input yang akan terkirim adalah D1 = 0.
Selanjutnya
buatlah tombol button kedua dan kita isikan nama DOORLOCK,mode nya Switch,Dan
Pin nya D2.
Untuk
Project Blink berhasil kita buat. Selanjutya kita akan membuat Project Voice
Command Google Assistant menggunakan Aplikasi IFTTT.
Pertama,Kita
Download dan install Aplikasi IFTTT atau bisa juga akses Website official nya
di https://ifttt.com/.
Setelah
aplikasi terinstal lalu Sign Up atau Login menggunakan
akun google.pastikan akun google yang kita daftarkan adalah akun google andoid
handphone kita.artinya akun IFTTT dan Android kita menggunakan akun google yang
sama.karena aplikasi IFTTT ini akan saling terkoneksi dengan Google
Asisstant.pastikan juga handphone android kita sudah mendukung dan terinstal
aplikasi Google Assistant.
Setelah
berhasil login,silahkan cari kata kunci Create Your Own.atau bisa dengan
cara klik Get More lalu sedikit scroll ke bawah klik Create Your Own.
Nah
di langkah ini kita akan sedikit menggunakan logika IF-THEN atau JIKA-MAKA.Logika
ini akan kita proses dengan menggunakan Google Assistant dan Webhook.Misalnya
jika saya mengucapkan “Turn ON the Light” di Google Assistant, maka Webhook
akan mengirim data ke aplikasi Blynk melalui Pin D1 berupa angka
1.Yang mana angka 1 ini diartikan sebagai ON pada button Lampu di aplikasi
blynk.Sebaliknya,Jika mengucapkan Turn OFF the Light”,maka data yang terkirim
adalah 0 atau OFF pada lampu. Jadi ada dua cara untuk menghidupkan Lampu
kita,bisa menggunakan button diaplikasi Blynk,dan juga bisa menggunakan voice
command di Google Assistant.Begitupun pada button DoorLock.
Untuk
kondisi IF,Pilih Google Assistant.Klik +THIS. Lalu cari dan pilih
Google Assistant. Selanjutnya,karena kita hanya akan mengucapkan kata
sederhana,maka pilih Say a simple phrase,
Selanjutnya,Isikan
:
-
“turn on the light” pada kolom What do you want to say?.
-
“turn on light” pada kolom What’s another way to say it?(optional).
-
“light
on” pada kolom And antoher way?(optional).
Kolom
Optional artinya kolom yang tidak harus di isi,namun alangkah baiknya kita
mengisi nya agar apa yang kita katakan bisa bervariasi.
Pada
Kolom What do you want the Assistant to say in response? Isikan “the
light is on”.
Jadi
ketika kita mengucapkan kalimat “turn on the light” atau “turn on
light” atau “light on” pada google assistant, maka Goggle Assistant
akan menjawab “the light is on”.
Dan
Pilih Language menggunakan bahasa inggris.Lalu Continue
Logika
IF telah kita buat,saat nya kita buat kondisi Then dengan cara
Klik kata +That, lalu cari dan pilih Webhooks.
Selanjutnya,
Klik Make a web request. Lalu isi bagian :
URL
= http://188.166.206.43/rPIqG3zPGErsTFVNlhXG6vFLGZmqxXUf/update/D1
Method
= PUT
Content
Type = aplication/json
Body
= [“1”]
Penjelasannya,URL
adalah alamat yang dituju untuk mengirim data. Dalam hal ini kita akan kirim
data ke server/cloud Blynk menggunakan ip address nya.Bagaimana cara mengetahui
ip address blynk?. Caranya menggunakan Command Prompt atau Terminal,lalu
ketikkan perintah PING blynk.io . Maka akan muncul ip address server
blynk.
Untuk
mengirim data ke server blynk,urutan Url yang harus diperhatikan adalah http://ip-address-blynk/kode-authentikasi/update/pin.
Pada
bagian Body,kita input angka 1,pastikan input body selalu menggunakan
katakter [“ ”].
Terakhir
Klik Continue.dan terdapat preview If You say “turn on the light”,
then Make a web request. Yang berarti, Jika kita mengucapkan “turn on the
light” pada google assistant,webhooks akan mengirim angka 1 ke server blnyk
dengan kode autentikasi project kita melalui pin D1.
Finish.
Kita
telah membuat pintasan voice command untuk menyalakan lampu. Selanjutnya
membuat voice command untuk mematikan lampu. Buat Create Your Own kembali
dan Setting Logika IF-THEN menggunakan Google assistant dan Webhooks.Semua cara
dan metode nya adalah sama hanya beberapa data yang berbeda.
Konfigurasi
untuk Mematikan Lampu:
Google
Assistant :
What
do you want to say? = “turn off the light”
What’s
another way to say it?(optional) = “turn off light”
And
antoher way?(optional) = “light off”
What
do you want the Assistant to say in response? = “the light is off”.
Webhooks
:
URL
= http://188.166.206.43/rPIqG3zPGErsTFVNlhXG6vFLGZmqxXUf/update/D2
Method
= PUT
Content
Type = aplication/json
Body
= [“0”]
Konfigurasi
untuk Mengunci Pintu:
Google
Assistant :
What
do you want to say? = “lock the door”
What’s
another way to say it?(optional) = “lock door”
And
antoher way?(optional) = “door lock”
What
do you want the Assistant to say in response? = “the door is locked”.
Webhooks
:
URL
= http://188.166.206.43/rPIqG3zPGErsTFVNlhXG6vFLGZmqxXUf/update/D2
Method
= PUT
Content
Type = aplication/json
Body
= [“1”]
Konfigurasi
untuk Mengunci Pintu:
Google
Assistant :
What
do you want to say? = “unlock the door”
What’s
another way to say it?(optional) = “unlock door”
And
antoher way?(optional) = “door unlock”
What
do you want the Assistant to say in response? = “the door is unlocked”.
Webhooks
:
URL
= http://188.166.206.43/rPIqG3zPGErsTFVNlhXG6vFLGZmqxXUf/update/D2
Method
= PUT
Content
Type = aplication/json
Body
= [“0”]
2.5 Hasil Yang Dicapai
Rangkain
Smarthome microkontroler berbasis Voice commanad ini berfungsi untuk
mengendalikan tombol on/off pada saklar lampu sehingga dapat menyala/matikan
lampu dan
mengunci pintu hanya dengan cara berbicara.
BAB III
TEMUAN
3.1 Keterlaksanaan
3.1.1 Faktor Pendukung
·
Fasilitas Sekolah,seperti Lab computer,Internet
3.1.2 Faktor Penghambat
·
Waktu yang padat karena Tugas Sekolah yang menumpuk
·
Toko Peralatan Arduino/Wemos tak terjangkau/jauh
3.2 Manfaat yang Dirasakan
·
Mudah digunakan
·
Keamanan terjamin
·
Biaya perawatan alat murah
·
Dapat menyala/matikan lampu dengan mudah dengan Voice command
3.3 Pengembangan/ Tindak lanjut
Kami
akan membuat sebuah prototype rumah mini sebagai tempat pengembangan lanjutan
dari project kami.
BAB IV
PENUTUP
4.1 Kesimpulan
Dari
penjelasan yang telah dipaparkan diatas
maka penulis dapat menyimpulkan bahwa penggunaan Arduino uno adalah komponen
elektronika yang dapat dijadikan alat pada pembuatan smart home and voice
command.
Pada rangkaian saklar lampu berbasis android jika ingin
menyalakan lampu hanya
dengan mengucapkan perintah yang kita inginkan. Seperti, ‘tolong nyalahkan
lampu kamar mandi’.
Pada
rangkaian Door Lock ,jika ingin mengunci pintu hanya dengan mengucapkan
perintah yang kita inginkan. Seperti, ‘tolong kunci pintu utama’.
4.2 Saran
Meskipun
penulis menginginkan kesempurnaan dalam penyusunan makalah ini akan tetapi pada
kenyataannya masih banyak kekurangan yang perlu penulis perbaiki. Hal ini
dikarenakan masih minimnya pengetahuan penulis. Oleh karena itu kritik dan
saran yang membangun dari para pembaca sangat penulis harapkan sebagai bahan
evaluasi untuk kedepannya.
DAFTAR PUSTAKA
·
http://www.belajarduino.com/2016/10/rfid-rc-522-smart-system-selenoid-door.html?m=1
·
https://blynk.io/en/getting-started
·
https://www.nyebarilmu.com/mengenal-aplikasi-blynk-untuk-fungsi-iot/
·
https://www.youtube.com/watch?v=PBiOGvJRPqg
·
https://gist.github.com/ce2bfe299c5b98628d0101c345b602a9
·
http://www.howto.geraicerdas.com/arduino-voice-activation/
·
https://randomnerdtutorials.com/guide-for-relay-module-with-arduino/
·
https://www.instructables.com/id/Blink-a-LED-With-Blynk-App-Wemos-D1-Mini-Pro/
·
http://www.immersa-lab.com/pengertian-sensor-passive-infra-red-dan-cara-kerjanya.htm
0 Comments